Feeds RSS
Feeds RSS

Thursday, May 13, 2010

Web Statis dan Web Dinamis

Web merupakan salah satu fasilitas yang ada di internet yang terdiri dari kumpulan-kumpulan halaman multimedia yang menggunakan protokol HTML serta dibutuhkan web server untuk mengaksesnya. Web sendiri dibedakan menjadi dua yaitu:

1. Web Statis

Web statis adalah jenis web yang contentnya atau isinya tak dapat diubah-ubah dan diupdate secara real time. Jenis web ini hanya terdiri dari kumpulan link-link saja dan dibuat dengan kode HTML dan terkadang dilengkapi dengan javascript dan flash untuk memperindah halaman. Untuk mengubah konten dari web statis ini kita harus merombak lagi kode-kode HTML dan hanya dapat dilakukan oleh orang yang mengerti bahasa HTML. Pembuatannya cendrung mudah namun popularitasnya kurang di search engine sehingga untuk mempopulerkan web statis ini diperlukan usaha lebih. Web statis ini tak memiliki database dan cendrung mengutamakan dari sisi estetikanya saja. Biasanya untuk web statis ini hanya menampilkan informasi-informasi saja serta jenis web ini seperti brosur yang ada di internet. Aplikasi dari jenis web ini seringkali kita temui pada website yang menampilkan profil perusahaan yang bertujuan hanya melakukan komunikasi satu dengan pengunjung websitenya.

Pengolahan data yang ada di web statis menggunakan pemrogaman web secara “client side programming”. Maksudnya adalah pengolahan datanya dilakukan dari sisi client serta server dari situs ini hanya mengirimkan script kepada browser client yang nanti akan diolah di computer client sehinnga client dapat melihat script yang digunakan oleh website tersebut. Semua sintaks dan perintah program dijalankan di web browser, sehingga ketika client meminta dokumen yang mengandung script, script tersebut akan diambil dari web server kemudian dijalankan di web browser yang bersangkutan. Agar semua script yang masuk kategori ini dapat diterjemahkan oleh web browser maka didalam web browser terdapat sebuah komponen/ modul/ “engine” yang memiliki daftar pustaka (library) yang mampu mengenali semua perintah-perintah yang terdapat pada kategori client side programming.

Proses pembuatan dan perancangan web statis ini biasanya dilakukan secara offline kemudian jika situs tersebut sudah dianggap siap untuk dipublish maka web tersebut diupload ke dalam sebuah web server yang berfungsi untuk menyimpan halaman web yang telah selesai dibuat tadi. Untuk melakukan perombakan pun harus dilakukan secara offline serta jika kita melakukan perombakan maka sifatnya adalah mengganti halaman sebelumnya dengan halaman yang sudah diperbaharui. Seperti yang telah dijelaskan di atas biasanya bahasa pemprograman web statis menggunakan bahasa HTML (Hypertext Markup language), javascript, XML (Extensible Markup language) serta CSS (Cascading Style Sheet). Untuk membuat web statis ini kita dapat menggunakan Microsoft FrontPage, Dream Weaver dan sebagainya.

2. Web Dinamis

Web Dinamis adalah web yang menampilkan informasi yang bersifat dinamis, dapat diubah-ubah serta dapat saling berinterkasi dengan user. Jenis web ini biasanya memiliki front-end dan back-end. Front-end adalah halaman-halaman situs yang dapat diakses oleh pengunjung sedangkan back-end merupakan admin area yang hanya dapat diakses oleh pengelola web tersebut tentunya dengan username dan password yang telah diatur sebelumnya. Web dinamis juga bisa dibuat interaktif dimana pengunjung atau user bisa meninggalkan komentar, menuliskan artikel baru dan lain-lain tergantung fungsi dan tujuan situs tersebut. Karena dalam rentang waktu tertentu konten dari website tersebut berubah web dinamis selalu memiliki program yang bekerja di sisi server. Jadi, salah satu ciri dari website dinamis adalah adanya program yang berjalan disisi server untuk memanage perubahan data yang ditampilkan oleh website dinamis tersebut. Beberapa contoh dari web dinamis ini antara lain:
• Situs berita → BBC.com, kompas.com, detiknews.com, dsb.
• Situs jejaring sosial → Facebook, Twitter, Myspace,Friendster, dsb.
• Forum-forum → Kaskus, Macclub.com, detik forum, dsb.
• Web yang menjual produk secara online (e-Commerce).
• Search Engine → Google, Yahoo, Bing, dsb.
• Archive Site → Wikipedia, Yahoo Groups, dsb.
• File Sharing → 4shared.com, Flickr, Photobucket, dsb,
• Business Online Site
• Dan lain-lain.



Pembuatan web dinamis jauh lebih rumit dan komplikatif tergantung fitur-fitur yang diinginkan. Yang pasti untuk membangun sebuah web dinamis tidak cukup dengan bahasa HTML biasa tapi juga harus mengabungkan antara Web Server (Apache, IIS, Tomcat), bahasa pemprograman/script yang bekerja di sisi server tersebut (PHP, Perl, ASP dll) serta database. Web dinamis dikendalikan oleh administrator dan bersifat “server side programming” yaitu segala pemprosesan data dan request dari client/ pengakses dilakukan di dalam web server, dan client yang merequest hanya diberikan hasil pemrosesan data yang tadi diminta dalam bentuk sebuah halaman HTML. Web server terintegrasi dengan sebuah mesin (engine)/ modul yang didalamnya terdapat daftar pustaka (library) yang mampu menterjemahkan script-script tersebut yang kemudian setelah di terjemahkan di server kemudian dikirim (ditampilkan) ke client (web browser) dalam format. Mesin (engine) tersebut harus di install terlebih dahulu karena mesin-mesin tersebut memiliki karakteristik yang berbeda untuk tiap script (bahasa pemrograman) yang digunakan.
Server side programming memiliki kelebihan, diantaranya: mampu berinteraksi dengan banyak perangkat lunak basis data (database), mampu mengelola sumber daya yang terdapat di sistem operasi dan perangkat keras komputer, mampu dijalankan di semua sistem operasi (multi plattform), aman karena scriptnya di proses di server yang tidak dapat dilihat dari sisi client (web browser).


Referensi:
http://www.info-baru.com/2007/12/web-statis-dan-dinamis.html
http://www.kuliah-informatika.com/2009/09/membuat-website-dinamis-dengan-html-dan.html
http://www.pusatgratis.com/ebook-gratis/ebook-tutorial-internet/membuat-website-statis-dengan-microsoft-frontpage.html
http://www.rockholderdesign.com/web-design/membuat-web-dinamis/

0 comments:

Post a Comment