Feeds RSS
Feeds RSS

Thursday, May 13, 2010

“Pemasaran Konvensional dan Pemasaran Internet”

Internet dan berbagai media digital lainnya seperti televisi digital dan telepon genggam mampu menciptakan interaksi yang sebelumnya merupakan hal yang mustahil. Media yang baru ini dan cara pengaksesannya telah menciptakan profil demografi yang berbeda dari keseluruhan populasi dan perbedaan sikap ketika mereka sedang menggunakan internet dengan menggunakan media lainnya.

Perbedaan antara pemasaran konvensional dengan pemasaran internet terletak pada media digital yang digunakan. Pemasaran internet dapat diasumsikan sebagai segala usaha pemasaran melalui internet. Ibaratnya, toko kita menjual produk melalui website sebagai “toko” online kita. Pergeseran makna pemasaran internet dengan pemasaran konvensional ini terletak pada kecendrungan produknya yang cendrung digital yaitu data dan tekniknya secara bertingkat dan menyebar. Walaupun dalam pemasaran konvensional juga dilakukan pemasaran lewat iklan di media salah satunya internet, pemasaran internet cakupannya lebih luas daripada media konvensional lainnya seperti televisi dan radio karena lebih cepat, efektif murah dan dapat menembus ruang dan waktu.

John Deighton dari Harvard Business School mengidentifikan hal-hal yang tak dapat dipisahkan dari media digital:
• Konsumen mencari informasi
• Konsumen memprakarsai kontak
• Merupakan media yang dapat menyerap intensitas yang tinggi dimana pemasar memiliki perhatian penuh dari konesumen ketika mereka sedang melihat website.
• Perusahaan dapat mengumpulkan dan menyimpan reaksi dari individu yang ada.
• Kebutuhan individu dari konsumen dapat ditampung dalam dialog selanjutnya.

Internet ini merupakan media penarik yang tentunya berbeda dengan media pendorong yang biasa digunakan pada pemasaran massa. Hal ini terjadi karena konsumen dengan secara sadar mengunjungi situs yang memiliki informasi yang mereka cari. Dampak bagi pemasar adalah strategi dari pemasaran internet ini harus fokus terhadap jumlah pengunjung situs yang didapat. Hal ini menyebabkan mempromosikan lokasi website merupakan sesuatu yang penting bagi perusahaan. Ada dua metode untuk mengatasi hal ini. Pertama, menyertakan alamat website pada promosi offline yang menggunakan media-media konvensional seperti televisi, koran dan radio. Kedua, dengan online promotion dimana digunakan untuk membantu konsumen menemukan website tersebut melalui mesin pencari, URL, iklan banner, situs jejaring, reciprocal links dan directories.

Internet juga lebih interaktif dibanding dengan media konvensional lainnya dan merupakan media yang one-to-one. Melalui database yang ada ketika konsumen membuat profil tentang diri mereka, internet dapat digunakan untuk membangun hubungan jangka panjang dan membangun pelayanan yang lebih spesifik dan konsumen mendapatkan kebutuhan yang mereka cari. Dengan memberikan hal-hal yang dapat menarik perhatian konsumen terhadap website kemudian memegang ketertarikan mereka merupakan tujuan yang penting dalam komunikasi pemasaran internet. Konten yang bagus dapat menjadi kunci untuk menarik konsumen terhadap website tersebut dan menjaga keterkaitan serta mencapai kunjungan yang berulang-ulang.

Ada beberapa faktor yang harus dihindari ketika memulai pemasaran internet:
• Pemahaman yang salah dimana bisnis mereka berada
• Berfokus pada:
- Produk → banyak website yang masih produk sentris dibanding konsumen sentris
- Produksi
- Teknologi → teknologi hanya merupakan penghubung bukan tujuan
- Penjualan → kultur pada internet yaitu berdasarkan konsumen mencari informasi sebagai pertimbangan keputusan membeli daripada desakan yang kuat untuk membeli.
Daripada:
- Kebutuhan konsumen
- Kesempatan pasar
• Ketidakinginan untuk berinovasi.
• Kepicikan terhadap pemikiran strategi
• Kurangnya kekuatan dan arah dari CEO
• Hanya memberikan pemasaran sebagai “status anak angkat” di belakang keuangan, produksi dan teknologi.

Setiap organisasi yang melihat dan mendefinisikan bisnis dalam sesuatu dan bukan pada keuntungan pelanggan maka ia belum mengambil langkah pertama dalam mencapai orientasi pasar. Organisasi yang seperti itu menderita “kerabunan pemasaran”. Hal tersebut didapat dari perusahaan yang picik dan memiliki pemikiran yang dangkal mengenai bisnis.

Jika pemasaran internet menjadi terintegrasi dan secara penuh terbangun sebagai alat manajemen strategi pemasaran maka dibutuhkan pemahaman aplikasi yang lebih luas diantara proses keseluruhan pemasaran daripada hanya sekedar menggunakannya sebagai alat komunikasi dan alat penjualan.

Bersama dengan memonitori lingkungan pemasaran sebuah perusahaan, ada juga hal yang harus diteliti mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen (penelitian pasara) dan memonitor efektifitas dari aktifitas pemasaran (penelitian pemasaran). Internet menyediakan sebuah sarana yang dapat pemasara raih secara cepat dan akses yang luas untuk pasar sekunder dan data konsumen. Internet juga dapat digunakan untuk memahami lingkungan makro dan mikro dalam pemasaran. Dengan memonitor informasi yang ada di internet, perusahaan dapat lebih akurat dalam penilaian situasi yang kompentitif dan mengidentifikasi kesemoatan pasar yang potensial.

Internet menyediakan perusahaan dengan media baru yang menawarkan kesempatan untuk mengintegrasi keseluruhan alat-alat promosi. Hal tersbut memberikan manfaat bahwa kedalaman dan keluasan dari informasi dapat disipakan di website. Promosi melalui internet bekerja dengan cara yang sama dengan alat promosi lainnya dan terlepas dari media yang ada masih tumbuh dan khalayak menjadi mengecil serta lebih terbagi-bagi, promosi melalui internet akan berkembang lebih cepat.

Perdagangan berdasarkan internet atau e-commerce saat ini ada bermacam-macam tergantung dengan produk yang cocok dengan penjualan online. Dalam beberapa sektor business-to-business seprti alat-alat elektronik, internet dengan cepat menjadi media utama dalam penjualan produk. Dalam beberapa produk, internet juga menjadi metode pembelian yang disukai. Perdagangan elektronik memiliki implikasi terhadap sarana distribusi sehubungan dengan pengiriman barang, bagaimana produk dan jasa dipesan serta pajak yang harus dibayar. Bagi konsumen, keuntungan yang signifikan dari pemasaran internet ini yaitu menyediakan akses ke pasar global dari berbagai situs belanja online.

0 comments:

Post a Comment