Feeds RSS
Feeds RSS

Thursday, May 13, 2010

“Mengukur Efektifitas Pemasaran Interaktif dengan WebTrends dan WebMetric”

Tujuan dari keberadaan web harusnya untuk meningkatkan bisnis sebagai suatu keseluruhan sinergi dari offline marketing dan usaha-usaha penjualan. Dengan kata lain, untuk membantu mencapai keuntungan maksimal. WebTrend dan Webmetric dapat melacak pengunjung situs web dan situs kita untuk mengoptimalkan keuntungan yang lebih besar.

WebTrends

WebTrends membantu mengoptimalkan halaman arahan dengan perangkat lunak pengujian multivarian. WebTrends solusi pemasaran digital membutuhkan analisis On Demand dan software analisis ke masa depan dengan web pelacakan Analytics 9. WebTrends, menyediakan analisis Web high end dan solusi pelacakan statistik untuk perusahaan-perusahaan besar seperti IKEA, General Mills, Reuters, Ticketmaster dan US Bank. Analisis Web dengan WebTrends merupakan solusi yang akurat dan dapat diandalkan, dan telah membantu melacak informasi bisnis pelanggan selama lebih dari satu dekade dan juga salah satu pelopor industri analisis Web.

WebTrends baru-baru ini merilis produk baru yaitu “Dynamic Search”. Produk ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan perangkat lunak pemasaran mesin pencari canggih otomatisasi untuk mengoptimalkan hasil mereka berdasarkan kampanye pemasaran online. WebTrends, melalui salah satu produk lainnya, “Marketing Lab”, juga menyediakan kepada pelanggan hal yang menyeluruh, analisis Web fleksibel dan terukur, optimalisasi otomatis dari iklan online, segmentasi pengunjung real-time berdasarkan Insite lintas channel, dan pelanggan sasaran solusi analisis untuk pemasaran hubungan .

WebMetric
Untuk melakukannya, online strateginya yaitu harus mengarahkan traffic tertarget ke site, membujuk pengunjung untuk melakukan aksi yang kita ingin mereka lakukan, dan menggunakan web matric untuk menganalisa dan mengukur perilaku user. Web metric adalah variable-variable yang digunakan untuk mengukur performance dari sebuah website, seperti:
• Jumlah pengunjung
• Loyalitas dari pengunjung (jumlah kunjungan)
• Lama waktu berkunjung dari masing-masing pengunjung
• Variasi atau konsentrasi lokasi pengunjung

Pagerank sudah pasti menggunakan web metric karena yang diukur performance web nya. Namun, algoritmanya (misal: bobot variabel2 di atas serta perhitungan formulanya) bisa berbeda beda. Perwujudan sasaran online marketing ini dengan benar akan memastikan kita memiliki kampanye marketing yang efektif serta meningkatkan penjualan.
Sasaran 1: Mengarahkan Traffic Tertarget ke Site
Proses pengarahan traffic tertarget ini diawali dengan kampanye search engine marketing (SEM) termasuk pay-per-click advertising (PPC) serta strategi search engine optimization (SEO). Sangat penting untuk mengetahui kata kunci mana yang berarti dalam PPC dan SEO. Tool seperti Wordtracker harusnya digunakan untuk menemukan kemungkinan kombinasi kata kunci. Untuk mengetahui seberapa sering setiap frase tersebut dicari, dan untuk mengevaluasi mana yang cukup berarti bila kita menggunakannya dengan mengecek seberapa tinggi tingkat kompetisinya. Buatlah pilihannya dan lakukan test ke dalam PPC dan SEO. Meriset dan memilih kata kunci yang efektif adalah usaha yang sangat penting. Pastikan untuk memilih kata kunci yang akan digunakan target pasar untuk mencari website kita. Dengan web matric dan analisa posisi, memungkinkan kita untuk menunjukkan dari mana asalnya para pengunjung ini, kata kunci apa yang mereka gunakan untuk menemukan ktia, dan apakah mereka melakukan aksi yang diingikan didalam website. Jika salah memilih kata kunci, akan menyesatkan kita akan kebenaran, karena kita mungkin menemukan ranking yang tinggi atas website tertapi pengunjung yang datang bukan mereka yang diharapkan.
Sasaran 2: Membujuk Pengunjung Website untuk Melakukan Aksi yang kita Inginkan
Apakah kita menjual produk/layanan, menyelengarakan newsletter, ataupun menarik orang untuk download software demo, tujuan utamanya sama yaitu mengarahkan pengunjung melakukan aksi yang kita inginkan. Untuk melakukan ini, kita harus memiliki website yang cukup menarik pengunjung lebih dalam, dan kemudian menuntun mereka kearah tujuan kita. Faktor desain dan arsitektur website seperti kemudahan menggunakan, navigasi, isi dan menempatan kalimatnya semuanya itu menjadi satu kesatuan. Kuncinya adalah memonitor seberapa baik faktor-faktor tersebut bekerja mendorong pengunjung mengambil keputusan. Dengan web matric kita dapat memonitor dan melihat mana yang tepat dan mana yang tidak. Dengan pengetahuan ini, kita dapat membuat perubahan yang tepat pada site, melajuntukan monitoring, dan mengulangi proses sampai mendapatkan peningkatan atas outcome yang diharapkan.
Sasaran 3: Gunakan WebMetric untuk Menganalisis Perilaku Pengunjung
Wilayah dari web metric dan analisis adalah baru dan selalu berkembang. Dibangingkan dengan traditional offline marketing, Internet menyediakan kesempatan yang tidak ada bandingannya untuk mengukur bagaimana pelanggan berinteraksi dengan bisnis. Web metric dan analisis membantu dalam memonitor dan meningkatkan sasaran 1 dan 2. Hal ini dilakukan dengan memberi perhatian lebih pada asal pengunjung tersebut datang, mempelajari kata kunci apa yang digunakan untuk menemukan site kita, melihat bagaimana proses mereka dinavigasi, dan aksi-aksi apa saja yang mereka lakukan sepanjang jalan. Informasi ini menjadi sangat penting dalam pertumbuhan bisnis kita.
Web metric pertama lebih dikenal sebagai traffic log atau site statistic. Keduanya mengukur hal-hal seperti server hits, unique visitors, repeat visitors, entry pages, exit pages, first page visited, second page visited, and average time spent on a page or the site. Sekarang software log analysis terbaru dapat menunjukkan lebih banyak business-specific web metrics. Termasuk didalamnya conversion ratio, browse-to-buy rates dan customer-acquisition cost. Sejalan dengan research dan development area ini berlanjut, kita akan melihat munculnya metric-metric baru, bersamaan dengan tool-tool yang diperbaharui untuk mengukur mereka.
Sekarang ini, dengan tool yang tepat sangat mungkin untuk memonitor tingkah laku pengunjung web seperti bagaimana dan dimana mereka menemukan website kita, pada page yang mana mereka berhenti, dan apakah mereka melakukan aksi yang kita ingikan atau tidak. Untuk informasi seperti ini sangat berharga, untuk menyelaraskannya dengan strategi SEM, pemilihan kata kunci, arsitektur web dan desainnya. Pada dasarnya, kita harus mengetes dan meningkatkan apa yang sedang berjalan, kurangi yang tidk perlu dan temukan pendekatan baru yang dapat bekerja lebih baik. Proses ini akan meningkatkan return on investment (ROI) secara konstan.

0 comments:

Post a Comment