Feeds RSS
Feeds RSS

Thursday, May 13, 2010

Pencarian Data Internet Secara Global

Semenjak website menjadi populer menyebabkan mereka semakin rentan terhadap masalah keramaian di dunia internet yang dapat menimbulkan crash terhadap suatu situs yang otomatis membuat para pengguna lama dalam mengakses situs yang ingin diakses. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa software yang dapat menginformasikan trafik di dunia internet serta penggunaan internet agar lebih cepat dan efisien:


1. Akamai
Akamai adalah piranti pemantau trafik di internet dan merupakan third party software yang tercipta atas penelitian di MIT yang berguna mengawasi trafik di internet seperti kecepatan akses, virus-virus yang masuk dan lain-lain. Akamai dapat memberikan informasi mengapa lalu lintas di web bisa sangat lambat, terinfeksi ataupun tak terdeteksi. Jadi, Akamai memantau kondisi lalu lintas di web dan mengidentifikasi apa yang menyebabkan hal tersebut sehingga dapat memberikan data dan keamanan agar pengguna dapat mengakses situs yang dituju lebih cepat. Biasanya klien dari Akamai adalah search engines seperti Google dan Yahoo!. Akamai ini digunakan untuk mengatur website dari search engines tersebut. Tentunya banyak orang yang mengakses search engines di setiap waktu yang dapat membuat lamban kinerja dari search engine tersebut. Jika sebuah perusahaan menggunakan jasa Akamai pada website perusahaan mereka maka ketika kita mengakses website tersebut Akamai akan membantu kerja dari website tersebut. Untuk file-file html memang akan langsung mengakses website perusahaan tersebut namun bagi file-file yang ‘cukup berat’ seperti video, audio dan image maka akan diteruskan ke server Akamai terdekat. Tapi secara prakteknya tidak sesederhana itu, Akamai mempunyai ribuan server yang tersebar di seluruh dunia dan tentu saja aplikasi yang berisi algoritma tertentu untuk mempercepat pengaksesan sebuah halaman web perusahaan yang menjadi client-nya1 . Tak hanya itu, Akamai juga memberikan data mengenai negara mana yang paling banyak online atau menuju website tertentu, negara yang paling lambat koneksi internetnya, negara mana yang paling sering terinfeksi virus dan sebagainya. Jadi, dengan mengetahui hal tersebut dapat melakukan hal preventif misalnya terhadap negara yang paling sering terkena virus dengan lebih meningkatkan sistem keamanan internetnya. Tapi, semua hal yang dijelaskan di atas hanya dapat dilakukan di daerah yang dipasangi server Akamai.



______________________________
1 http://www.kaskus.us/showthread.php?p=144220383

2. Google Analytic
Google Analytic merupakan software keluaran google yang dapat menginformasikan lalu lintas dan interaksi yang ada di website kita. Jadi, google analytic berbeda dengan hit counter yang hanya menghitung berapa banyak orang yang keluar masuk ke dalam website kita. Kita dapat membandingkan perilaku dan keuntungan pengunjung yang diarahkan dari setiap iklan, kata kunci, mesin pencari, dan email kita, serta mendapatkan pemahaman yang berharga tentang cara menyempurnakan konten dan desain website. Kita dapat menambahkan google analytic ke dalam website kita dengan sign up ke account google kemudian ada kode yang yang harus kita tambahkan dan umumnya ada di footer. Kemudian ada beberapa pengaturan lanjutan untuk langkah yang lebih lanjut2. Apapun ukuran situs dan bagaimanapun kita mengarahkan lalu lintas ke situs tersebut dengan pencarian gratis, situs mitra, AdWords, atau program biaya per klik lainnya Google Analytics akan melacaknya, dari klik hingga konversi. Selain itu, Google Analytic juga memberikan informasi yang dapat ditindaklanjuti misalnya dalam bidang pemasaran dimana kita dapat meningkatkan ROI dengan melacak biaya kampanye dan menggabungkan data tersebut dengan data konversi berdasarkan tiap halaman. Google Analytics akan mengimpor data biaya AdWords secara otomatis, sehingga Anda dapat melacak efektivitas kampanye AdWords dan menandai URL tujuan AdWords secara otomatis untuk melacak kata kunci dan tingkat konversi kampanye tanpa harus bersusah payah. Google Analytic ini yang merupakan paket analisis dengan fitur yang sangat lengkap, disediakan oleh Google secara gratis sehingga semua orang dapat dengan mudah menggunakan software ini3.

3. Data Mining
Seiring dengan perkembangan zaman data yang tersedia begitu banyak sehingga manusia tak dapat menganalisisnya secara manual. Data mining merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mengurutkan data yang volumenya sangat banyak sehingga dapat menyaring dalam skala besar informasi yang kita inginkan. Data mining ini merupakan gabungan dari statistika, machine learning dan visualisasi. Ada tiga komponen penting dalam data mining yaitu data, teknik data mining dan modelling. Pertama, harus ada data dalam jumlah yang besar yang akan dikumpulkan, dibersihkan, divalidasi, dipersiapkan untuk disimpan dalam suatu data warehouse yang nantinya akan dianalisis. Kemudian, kemampuan model harus diperhatikan karena model yang akan kita pilih akan menentukan kita dalam menyelesaikan masalah yang kita hadapi.


__________________________

2 http://www.techtalkformoms.com/index.php/2010/business-website-tips/what-is-google-analytics/

3http://adwords.google.com/support/aw/bin/answer.py?hl=id&answer=5553
Ada beberapa model yang dapat kita gunakan yaitu klastering, klasifikasi, deteksi anomali serta prediksi. Setelah itu harus ada teknik data mining yang kita kuasai untuk menyelesaikan model yang kita punyai. Data mining tentunya juga dapat digunakan dalam bidang pemasaran. Dengan menggunakan model prediksi kita dapat menentukan target marketing. Dari data yang didapat dari periode sebelumnya, kita dapat mengidentifikasi target market yang paling mungkin untuk dilakukan promosi di masa yang akan datang. Jadi, dengan pemodelan prediksi komputer akan diisi data yang telah ditempatkan pada situasi atau keadaan yang telah diketahui atau diinginkan kemudian software dari data mining akan menggunakannya dan mengambilnya sesuai dengan pemodelan yang digunakan. Dengan hal ini, kita dapat memprediksi dan meminimalisir kesalahan serta mempercepat proses analisis data.




Referensi:

Dilley, John., Maggs, Bruce., Parikh, Jay., Prokop, Harald., Sitaraman, Ramesh., Weihl, Bill. (2002), Globally Distributed Content Delivery, Akamai Technologies: Globl Deployment of Data Centers. Hal 50-51

http://databases.about.com/od/datamining/a/datamining.htm
http://www.google.com/analytics/
http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=20%3Ainformatika&id=481%3Adata-mining&option=com_content&Itemid=15

0 comments:

Post a Comment