Feeds RSS
Feeds RSS

Thursday, May 13, 2010

“Internet Media Baru Yang Ajaib”

Saat ini popularitas internet begitu terkenal bahkan dari anak kecil sampai manula sering memanfaatkan media baru ini. Internet memang dianggap salah satu perkembangan teknologi yang ajaib karena mampu mengubah pola hidup masyarakat dunia dengan waktunya yang cukup singkat. Cara berkomunikasi pun mengalami pergeseran dengan adanya internet ini. Namun, sebetulnya masih banyak orang yang belum paham pengertian dari internet itu sendiri.

Internet sendiri merupakan kependekan dari ‘inter-network’ yaitu rangkaian komputer yang terhubung antar beberapa rangkaian. Jadi, internet terbentuk dari interkoneksi milyaran komputer di seluruh dunia. Awalnya, komputer pengguna harus terhubung dengan sebuah server yang fungsinya mengatur akses dan mengirimkan data yang diminta beberapa client server yang menyebabkan pengguna dapat mengakses email, website, dan sebagainya. Untuk menghubungkan antara server dan komputer pengguna dibutuhkan protokol untuk menterjemahkan bahasa komputer. Pada tiap-tiap komputer memiliki Internet Protocol (IP) sebagai alat pengenal di dunia internet. IP address itu akan menginformasikan asal dari paket tersebut dan akan dikirim kemana. Agar komputer pengguna bisa melihat informasi yang sudah dikirim oleh server dibutuhkan web server seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome dan Safari.

Beberapa aplikasi dari internet tools menyajikan suatu cara berkomunikasi baru yang tak mengenal batasan geografis yang berimplikasi penyampaian pesan yang lebih cepat, murah dan efisien. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai sisitem kerja serta perbedaan dari beberapa aplikasi dari internet yang sering kita gunakan,antara lain:

1. Email
Email ini sistemnya seperti kita surat menyurat namun berada di dunia internet. Dulunya kita hanya dapat mengirim pesan berupa text namun seiring perkembangan teknologi yang ada kita dapat mengirim file digital melalui attachment mail. Tentunya dengan email ini jauh lebih efisien daripada dengan surat menyurat yang konvensional. Dengan email kita dapat mengirim pesan dan sampai hanya dalam beberapa menit dengan tak mengenal batasan geografis, biayanya pun murah serta kita tak usah mengeluarkan tenaga ekstra untuk pergi ke kantor pos. Cara kerja email ini sebenarnya hampir sama dengan surat biasa. Awalnya kita mengirim surat biasa ke kantor pos dulu, di internet email juga singgah dulu ke mail server kemudian disimpan di electronic box kemudian surat akan terkirim jika penerima telah membuka kotak emailnya. Namun, di dunia internet, proses tersebut berjalan dalam hitungan menit bahkan detik sehingga proses penyampaiannya pun sangat cepat. Saat ini, sudah banyak penyedia layanan email gratis seperti www.hotmail.com, www.yahoo.com, www.plasa.com dan sebagainya.

Ada dua jenis email, yaitu:

• Web Based Email merupakan layanan email yang langsung dapat diakses dari webserver (seperti Mozilla, Opera, Safari dan sebagainya). Kelebihan dari webmail ini adalah pengguna dapat mengakses emailnya dari komputer manapun asalkan komputer tersebut terhubung dengan koneksi internet. Namun, tentunya kekurangan dari webmail ini jika komputer tersebut dalam keadaan offline pengguna tak dapat mengakses emailnya.
• Application Based Mail merupakan layanan yang dapat mengakses email walaupun kita dalam keadaan offline dan dapat menghemat koneksi biaya internet. Contohnya dengan Microsoft Outlook, Outlook Express serta Windows Mail.

2. Mailing List
Mailing List ini biasa disebut milis. Milis ini merupakan salah satu pengembangan dari email yang banyak diminati. Milis ini seperti email kelompok dan biasanya digunakan di dalam organisasi untuk menginformasikan kepada seluruh anggotanya sehingga para anggota dapat saling berukar informasi secara praktis. Ada beberapa layanan penyedia milis seperti groups.yahoo.com. Sistem kerja dari milis ini yaitu jika salah satu anggota mengirimkan pesan maka otomatis akan diteruskan ke seluruh anggota. Dengan adanya milis, penggunanya dapat saling berdiskusi dan bertukar informasi dengan anggota yang sudah terdaftar dalam milis tersebut. Kita dapat melakukan pengaturan mengenai ketentuan dalam milis yang biasanya telah diatur oleh moderator.

3. Forum
Sebenarnya forum agak mirip dengan milis namun yang membedakannya adalah milis bersifat one may communication. Forum lebih bersifat interaktif dimana semua orang tanpa menjadi anggota dapat membaca dan berkomentar di dalamnya. Biasanya di dalam forum tersebut membicarakan suatu topic yang disebut thread. Contoh dari forum yang saat ini sedang marak diperbincangkan yaitu kaskus.us atau juga forum dari situs-situs seperti forum detik.com dan kapanlagi.com. Selain itu, perbedaan anatar forum dan milis terletak pada penerimaan pesannya. Seperti yang telah dijelaskan dalam email dan milis pesan diterima dulu dalam mailserver dan akan dikirimkan saat si penerima membuka notak emailnya. Namun, di dalam forum pesan langsung dikirim dan diterima tanpa disimpan dulu sehingga orang dapat langsung berinteraksi.

4. Website
Website atau World Wide Web (www) atau singkatnya disebut web merupakan media untuk menampilkan informasi di internet dengan bentuk yang penggunaanya mudah. Website berisi halaman internet berisi segala macam informasi baik tulisan, gambar, maupun musik sertya gabungan dari semuanya yang disajikan oleh pembuatnya. Untuk menyimpan, mengirim dan mengaturnya dibutuhkan webservers. URL (universal resource locators) merupakan alamat dari web tersebut ibaratnya seperti kodepos yang memungkinkan kita mengakses ke web tersebut. Web ini dapat bersifat one-way communication jika si pembuat hanya ingin menampilkan infromasi saja namun juga dapat bersifat komunikasi dua arah seperti situs jejaring sosial.
5. Blog
Weblog merupakan buku harian namun barada di website. Blog banyak dimanfaatkan di dunia internet sebgaai catatan pribadi mereka yang berisi cerita, pengalaman, maupun kehidupan pribadi si blogger. Blog ini sudah mulai dikenal sejak 1999. Seperti di situs pertemanan kita dapat saling menambah teman dengan melakukan blogwalking. Blogwalking ini istilah jika kita sedang mengunjungi blog orang lain. Kita dapat memebrikan komentar di blog orang lain tersebut kemudian URL menuju ke blog kita dan blog orang lain yang kita kunjungi akan melakukan kunjungan balik ke kita. Saat ini sudah banyak penyedia layanan blog gratis sepereti ordpress, blogspot, dan saat ini yang sedang digemari oleh kawula muda, tumblr.

6. Social Networking
Dalam beberapa tahun terakhir ini social networking menjadi fenomena tak hanya dunia namun juga di Indonesia. Saat ini, hampir semua orang memiliki account facebook. Social networking site atau disebut juga website community merupakan situs jejaring sosial yang menghubungkan orang yang memiliki minat yang sama. Inti dari social networking ini adalah interaktifitas dimana kita dapat saling bertukar komentar, mencari teman, bermain games, chatting antara teman, bertukar files dan sebagainya. Cara kerja situs social networking hampir sama dengan blog, namun dalam situs social networking, halaman pribadi kita berada pada satu situs bersama-sama dengan teman kita, sehingga memudahkan sosialisasi.Saat ini, situs jejaring sosial ini juga dimanfaatkan sebagai lahan berbisnis seperti online shop di facebook atau multiply. Selain itu, di myspace banyak orang yang menuangkan demo lagunya di halaman probadinya dan tak jarang banyak produser musik yang mencari penyanyi di situs tersebut. Tak hanya itu, situs social networking lainnya seperti twitter menjadi tempat pergerakan massa di dunia maya ketika terjadi pengeboman Hotel Rotz-Carlton Kuningan agar masyarakat dunia tak takut terhadap Indonesia pasca insiden tersebut.



Referensi:

http://finderonly.com/2009/03/07/10-situs-social-networking/
http://karodalnet.blogspot.com/2009/10/cara-kerja-internet.html
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2958287
http://myblog.fachru-rozi.com/2009/07/blog-adalah.html

0 comments:

Post a Comment