Feeds RSS
Feeds RSS

Sunday, May 16, 2010

“Pemasaran Dalam Dunia Virtual”

Seiring dengan era globalisasi dan modernisasi, perkembangan teknologi berkembang begitu cepat. Saat ini, untuk melakukan sesuatu dituntut hal yang praktis, mudah, simple serta cepat. Salah satunya adalah dalam hal berbelanja. Internet, media informasi yang juga memfasilitasi kegiatan belanja, menawarkan berbagai macam pilihan untuk konsumen dalam berbelanja. Di internet pun tersedia pasar dimana tempat bertemunya pembeli dan penjual. Market place merupakan “ruang pasar” yang tersedia di internet dan berfungsi sebagaimana yang ada di dunia fisik yaitu tempat bertemunya penjual dan pembeli di internet. Dirancang untuk web, Marketplace menyediakan kemudahan penggunaan dan aksesibilitas. Jadi, kita tak perlu berpanas-panasan ataupun bersusah-susah jika ingin berbelanja.
Pasar yang hadir dalam bentuk website ini yang dapat dihadiri oleh penjual dan pembeli hanya dengan menggerakkan mouse dan memencet keyboard atau dengan kata lain ”market at your fingertips.” Biaya yang dibutuhkan untuk membangun marketplace pun akan jauh lebih murah dan efisien jika dibanding dengan pembangunan pasar secara fisik, belum lagi jika dibandingkan dengan kemungkinan pangsa pasar yang dapat diraih di level internasional.
Selain itu, ada juga sebuah situs perusahaan dagang atau jasa yang biasa menawarkan produk mereka atau mereka akan bergabung pada sebuah “pasar” yang memuat berbagai macam situs unit bisnis. Pasar ini sering disebut e-mall atau electronic mall. Definisi dari e-mall sendiri adalah situs web yang menampilkan katalog elektronik dari beberapa pemasok, serta ada biaya komisi dari mereka untuk pendapatan penjualan dihasilkan di situs tersebut. E-Mall ini konsepnya sama dengan Mall secara harfiah namun, e-mall ini bersifat virtual karena kita hanya dapat berkomunikasi lewat internet. Biasanya pembayaran dilakukan dengan kartu kredit dan akan dikirim melalui pos atau jasa kurir.
Ada dua jenis e-mall yaitu e-mall umum dan e-mall khusus. E-mall umum menjual berbagai macam produk dan jasa dalam webnya. Contoh dari e-mall ini yaitu amazon.com, yahoo.com serta ebay.com. Contoh e-mall ini di Indonesia misalnya www.belanjadiskon.com, tampilan e-mall ini sangat menarik, informasi yang disediakan juga lengkap. Mulai dari pakainan, gadget, furniture, perawantan tubuh, hingga otomotif. Selain itu e-mall ini juga terdapat artikel umum sebagai tambahan informasi dan tips belanja. Sedangkan, ebay sendiri merupakan tempat lelang/jual-beli/pasar-online terbesar di dunia, dengan pengguna lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia (data Juni 2006), dimana kita dapat mencari dan membeli apapun mulai dari barang elektronik, kendaraan, hingga barang-barang langka dari seluruh pengguna ebay didunia. Cara pembayaran utama di Ebay adalah dengan Paypal karena lebih aman dan otomatis, meskipun ada penjual yang menerima pembayaran dengan cara lain.
EBay adalah marketplace yang bersifat internasional dan secara default berbahasa Inggris namun ada beberapa pilihan region dan disesuaikan dengan bahasa region tersebut. Melalui Ebay, penjual dan pembeli dapat memberikan penawaran untuk produk mulai dari kacamata, perangkat jaringan, TV, VCD player, dan lain sebagainya. Ebay adalah salah satu pasar paling potensial untuk mengambil keuntungan. Beberapa alasan khusus mengenai keuntungan berjualan di Ebay:
1. Highly potential : Tujuan orang mengunjungi ebay hanya 2: menjual dan membeli.
2. High traffic : Kita bisa memperoleh traffic tinggi tanpa SEO maupun iklan.
3. Adil dalam memberikan exposure : Baik member lama atau member baru tidak ada perbedaan dalam hal kesempatan memperoleh exposure untuk barang dagangan mereka.
4. Modal kecil : Yang perlu kita lakukan cuma satu akun PayPal terverifikasi, dengan kartu kredit atau VCC yang masih aktif.

Jenis e-mall yang kedua adalah e-mall khusus. Di e-mall khusus ini hanya menjual satu macam produk atau jasa saja seperti baju anak, buku ataupun benda elektronik. Amazon awalnya merupakan e-mall khusus namun saat ini di Amazon sudah menjual berbagai jenis produk. Contohnya GlodokShop.com yang hanya menjual alat-alat elektronik serta shoes.com yang hanya menjual sepatu-sepatu.
Salah satu isu ekonomi yang terkait dengan dunia internet adalah Wikinomics. Wikinomics merupakan salah satu bentu perangkat lunak yang berbasis networking, peering, dan kolaborasi. Maksud dari kolaborasi ini sendiri adalah tak ada batasan yang jelas antara penulis dan pembaca. Hal tersebut dapat terjadi karena pembaca dapat menyampaikan komentar, kritik serta mengekspresikan gagasannya. Awalnya wikinomics ditentang karena bersifat open source technology yang kurang menarik keuntungan namun seiring berjalannya waktu hal tersebut justru menarik keuntungan bagi pemasang iklan. Ada beberapa model bisnis yang dapat dilakukan dalam wikinomics, salah satunya prosumers. Prosumers adalah konsumen yang juga merangkap sebagai produsen dimana ia juga mengembangkan isi produk dan jasanya. Contohnya adalah Youtube dan SecondLife.
Internet memungkinkan para konsumen melakukan pemasaran dengan teknik word-of-mouth. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa WOM ini memiliki efek yang begitu besar bahakan efeknya lebih besar dibandingkan dengan Above The Line. Komentar pelanggan diartikulasikan melalui Internet yang tersedia untuk sejumlah besar pelanggan lain, dan karena itu bisa diharapkan berdampak signifikan pada keberhasilan barang dan jasa. Virtual dan electronic word-of-mouth ini telah mengubah landscape pemasaran. Dengan adanya hal tersebut terdapat metode komunikasi timbal balik dimana perusahaan tidak hanya akan dapat diberitahu masalah yang ada di marketplace-nya namun juga akan berusaha untuk melayani konsumennya dengan lebih baik lagi yang sadar akan manfaat luas dari konsumennya yang cendrung vocal.

Referensi:
http://www.arraydev.com/commerce/jim/0203-04.htm
http://blog.ub.ac.id/yogaari/2010/03/18/e-mall/
http://www.businessdictionary.com/definition/electronic-mall-e-mall.html
ecommerce.etsu.edu/Glossary.htm
http://www.id.ebay.com/what-is-eBay.htm
http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/1749449-ebay/
http://id.wikipedia.org/wiki/Wikinomics
http://info.g-excess.com/id/info/PengertianEbay.info
http://portal.acm.org/citation.cfm?id=1278120

0 comments:

Post a Comment