Feeds RSS
Feeds RSS

Thursday, May 13, 2010

" Metode Pay Per-Click Pada Promosi Online"

Kesuksesan suatu usaha pastinya harus didukung dengan promosi yang bagus. Tanpa adanya promosi, toko kita tak akan ada yang mengunjunginya. Banyak usaha yang kandas karena kurangnya promosi, toko yang bagus akan percuma bila tidak ada pengunjung yang masuk. Untuk itu jika kita sedang menekuni bisnis, baik online atau offline, jangan anggap remeh promosi. Salah satu metode promosi yang saat ini sedang populer adalah dengan promosi online. Banyak cara promosi online, dari iklan gratis sampai iklan yang sangat mahal. Namun, yang harus diperhatikan adalah metode mana yang paling efektif. Salah satu metode yang cukup efektif adalah dengan Pay Per-Click (PPC) yaitu iklan yang hanya dibayar jika iklan kita diklik, jadi tidak ada pihak yang dirugikan, sebagai advertiser juga tidak akan rugi, karena jika iklan mereka tidak ada yang mengunjungi, maka advertiser tidak perlu membayar. Beberapa program yang menyediakan PPC ini antara lain:

1. Google Adwords
Google AdWords merupakan program beriklan dari google dimana kita mendaftarkan website kita untuk ditampilkan pada halaman hasil pencarian google saat sebuah pencarian yang diproses memiliki kata kunci yang sesuai dengan kata kunci adwords kita. Jadi, jika ada pengguna yang memasukkan keyword yang juga menggunakan salah satu keyword kita pada google search, maka iklan kita mungkin akan muncul di samping hasil penelusuran.
Kemudian, orang cukup mengklik iklan untuk membeli dari atau mengetahui selengkapnya tentang website kita. Kita bahkan tidak memerlukan halaman web untuk memulainya karena Google akan membantu membuatkan laman secara gratis. Untuk menggunakan Google Adwords ini kita harus mendaftarkan dulu dengan menggunakan akun gmail kemudian diharuskan untuk melakukan pembayaran sesuai dengan informasi yang diberikan.

2. Google AdSense
Google AdSense juga merupakan program kerjasama periklanan milik Google. Pada AdSense ini sistemnya yakni kita akan memperoleh akses ke Google AdSense untuk pencarian yang akan menampilkan iklan bertarget pada halaman hasil pencarian kita dan AdSense untuk konten yang juga menampilkan iklan pada halaman konten kita. Jadi, kita dapat memperoleh penghasilan dari konten, selain dari pencarian Google. Namun, untuk bergabung dalam Adsense ini kita harus mendaftar dan harus disetujui dulu keanggotaannya. Selain menyediakan iklan-iklan dengan Pay Per-Click, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Google AdSense menggabungkan teknologi pencarian Google dengan ribuan pengiklan kata kunci untuk menampilkan teks iklan yang bertarget ke halaman hasil pencarian. Orang yang menemukan iklan tersebut akan segera mengkliknya. Jika mereka melakukan hal tersebut maka Google akan membayar kita. Dengan pencarian Google, pengunjung Anda dapat mencari web dari situs web Anda. Jika kami telah meng-crawl situs web Anda (dan kemungkinan kami telah melakukannya), fitur SiteSearch kami juga akan memungkinkan pengunjung mencari situs Anda. Google tidak hanya menyediakan teknologi pencarian dan iklan, namun juga akan meng-host halaman hasil pencarian. Jadi, kita tidak perlu membeli perangkat lunak atau membayar pakar teknis untuk menambahkan pencarian ke situs. Kita juga tidak perlu membayar untuk host-nya.
3. Adbrite
Adbrite adalah salah satu alternatif program advertising seperti google adsense. Adbrite ini sistemnya hampir sama dengan Google AdSense namun aturan di Adbrite tak seketat di Adsense. Pada Adbrite pendapatan kita tergantung apad impression yaitu semakin banyak iklan itu muncul di halaman web atau blog kita maka semakin banyak pula pemasukan kita. Jika lebih banyak orang yang mengklik iklannya otomatis pendapatan akan semakin bertambah. Meskipun sistemnya lebih longgar, di Adbrite suka menutup account publisher tanpa alasan yang jelas.
4. Chikita
Chikita merupakan salah satu program Pay Per-Click seperti AdSense. Namun, ada beberapa perbedaan antara Chikita dan program berbasis Pay Per-Click seperti AdSense dan Adbrite yaitu Chikita lebih memiliki produk-produk yang menarik. Selain itu, di Chikita menawarkan program affiliasi yang memberikan penghasilan dari referal bagi publishernya. Batas minimum payout yang ditawarkan oleh Chikita pun jauh lebih rendah dari AdSense yaitu sebesar US$ 10. Pembayarannya pun juga lebih mudah dan cepat karena menggunakan Paypal. Namun, Chikita memiliki beberapa kelemahan antara lain para pemilik website harus memiliki blog berbahasa Inggris dan minimum memiliki page views sebanyak 10.000 perbulan serta iklan Chitika hanya muncul apabila visitor datang dari Canada/US dan itupun dari search engine.
5. Amazon Associate
Amazon Associates adalah program yang diberikan pada siapa saja yang mau membangun toko online dengan mencantumkan link ke produk-produk Amazon. Program ini mirip sepserti program afiliasi lainnya namun yang membedakannya dengan program lain adalah sistemnya yang Pay Per-Sale bukan Pay Per-Click. Maksudnya adalah advertiser yang memasang iklan di Affiliate Amazon hanya akan mendapat komisi jika ada pengunjung website yang membeli barang di amazon.com yang telah diiklankan di website kita melalui referal link. Saat seorang pengunjung toko online membeli sesuatu dari amazon, kita akan mendapat persentase antara 4 sampai 10% dari harga barang.


Beberapa program afiliasi lainnya yang memiliki sistem Pay Per-Click, antara lain:
1. kliksaya.com
2. ppcindo.com
3. kumpulblogger.com
4. adsentra.com
5. adsensecamp.com


Referensi:
https://www.google.com/adsense/login/in/?hl=in&sourceid=aso&subid=us-et-ads
https://www.google.com/adsense/static/in/WsOverview.html?hl=in&gsessionid=SRTaUOZgSUsXTG3ba3evPw
http://www.abetobing.com/blog/cara-memasang-iklan-di-google-adwords-31.html
http://www.dstudiobali.com/webdesign/adbrite-alternatif-pengganti-adsense/

0 comments:

Post a Comment